Hasil gambar untuk terpapar virus corona

www.siwaexpress.com Jumlah kasus virus corona semakin meluas diseluruh belahan dunia termasuk indonesia. seiring dengan itu jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari virus yang berasal dari wuhan, china ini juga semakin banyak. virus ini bisa menular dari manusia ke manusia. Penularan antar manusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus corona adalah

1. Menggunakan masker

Masker yang umumnya digunakan sehari-hari adalah masker bedah atau surgical mask. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari. Penggunaan masker sangat dianjurkan untuk menghindari resiko penyebaran penyakit infeksi terutama infeksi virus corona.

Perlu diingat bahwa masker ini hanya digunakan untuk sekali pakai dan sebelum menggunakannya pastikan anda mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun atau hand sanitizer

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

2. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan merupakan langkah sederhana agar terhindar dari penularan penyakit virus covid-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan. jika anda berada di tempat umum seperti rumah sakit atau kantor anda bisa menggunakan hand sanitizer. cucilah tangan sebelum dan sesudah makanan, setelah menggunakan toilet, setelah membuang sampah dan setelah berpergian keluar rumah.

3. Menjaga daya tahan tubuh

daya tahan tubuh yang kuat akan mencegah munculnya berbagai macam penyakit. untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan yang berprotein seperti telur, ikan ,dll bila perlu anda juga mengkonsumsi suplemen vitamin.

4. Kurangi aktivitas diluar rumah

jika anda tidak mempunyai kepentingan yang mendadak diluar sebaiknya anda mengurangi aktivitas diluar rumah dan menghindari keramaian serta kontak langsung dengan orang lain untuk mencegah penyebaran virus corona.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *