Hasil gambar untuk konsep pameran fotografi

www.siwaexpress.com Sebagai seseorang yang suka akan dunia fotografi, pastinya mau dong merasakan bagaimana sih mengadakan pameran fotografi. Apalagi jika kamu merasa bahwa karya fotografimu cukup indah dan bagus untuk masuk ke dalam sebuah pameran fotografi. Dan kabar baiknya, bukan cuma kamu saja yang akan memamerkan karya kamu, namun ada beberapa teman kamu yang akan memamerkan karyanya juga.

Tentunya jika kamu ingin mengadakan pameran fotografi kamu harus mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Nah, apa saja sih yang harus kamu persiapkan? Yuk simak Tips Berikut!

Baca Juga

Ruang Galeri

Meskipun kamu masih amatir dalam mengadakan pameran fotografi, tapi tetap saja kamu harus memperhatikan ruang galeri. Mengapa? Karena di sanalah kamu akan menyiapkan dan memamerkan karya-karyamu. Cari lokasi yang mudah dijangkau oleh orang banyak. Misalnya kamu akan mengadakan pameran fotografi di kampusmu, maka pilih lokasi di mana orang banyak mengunjunginya. Selain itu penting juga untuk memperhatikan desain interior jika kamu ingin mengadakan pameran fotografi di sebuah ruangan. Jika karya yang ingin kamu pamerkan tidak begitu banyak, cara paling mudah adalah menampilkan foto tersebut di dinding di setiap sisi ruangan. Cara seperti ini membuat pengunjung bisa melihat langsung karya-karya yang dipamerkan.

Namun, jika karya yang ingin kamu sertakan dalam pameran berjumlah banyak, tentu kamu harus memikirkan konsep yang berbeda. Salah satu caranya adalah membagi satu ruangan untuk pameran itu ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil. Pemecahan itu bisa dilakukan berdasarkan tema fotografi atau siapa fotografernya.

Koleksi yang Mumpuni

Meskipun karyamu belum sebagus fotografer handal, tapi penting untuk memilih karya yang terbaik. Sudah barang tentu, kamu wajib memilih karya fotogrfimu sebaik dan seindah mungkin. Coba bayangkan, tidak mungkin kamu datang ke sebuah pameran, tapi hasil foto yang dipamerkan standar bahkan dirasa kurang baik. Nah, makanya pilih fotomu yang paling baik.

Opening dan closing ceremony

Buatlah opening dan closing ceremony yang menarik sehingga para pengunjung merasa ada yang berkesan datang pameran kalian. Banyak pameran fotografi hanya sekedar open dan close dengan biasa aja bahkan bisa dibilang tidak ada open dan close dengan seperti pameran kalian akan terlihat biasa aja.

  Bingkai Foto

Salah satu kendala mengadakan pameran foto adalah dari segi dana, apalagi jika kamu dan teman tak memiliki budget yang lebih. Untuk bisa terlihat lebih bagus, foto perlu sebuah bingkai dalam memamerkannya. Dan harga bingkai tergolong mahal, apalagi jika kamu ingin memamerkan foto dalam jumlah banyak. Bisa dibayangkan berapa budget yang harus kamu keluarkan nantinya? Jika tak mau memiliki budget besar, kamu bisa kok membuat frame sendiri tanpa harus membeli. Tentu ini akan lebih menekan biaya produksi nantinya.

Promosi

Apa sih niat awal kamu untuk mengadakan pameran fotografi? Apakah ingin mendapatkan penghasilan atau ingin mengadakan bakti sosial? Jangan anggap remeh sebuah pameran fotografi, apalagi jika kamu bisa mengerup pundi-pundi uang di dalamnya. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan dari pameran kamu, maka penting untuk mengadakan promosi sebelum pameran dimulai. Minta bantuan teman-teman untuk menyebarluaskan acara pameran kamu ini, bisa melalui brosur atau promosi di jejaring sosial. Luaskan ruang lingkup target pembeli kamu. Jika ingin banyak yang membeli, sudah tentu kamu tidak bisa promosi di kampus kamu saja kan? Semakin gencar promosi yang dilakukan, maka akan semakin banyak orang yang datang dalam pameran fotografimu.

Sumber:idseducation.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *