Viral Tiket Pesawat Bandung-Medan 21 Juta, Traveloka: Itu Kelas Bisnis

Hasil gambar untuk Tiket Pesawat Bandung - Medan Rp 21 Juta
asmiati asaf | WWW.SIWAEXPRESS.COM
Pesawat Garuda Indonesia

Perusahaan penyedia layanan pemesanan  tiket pesawat berbasis aplikasi, Traveloka, angkat bicara ihwal harga tiket Garuda Indonesia rute Bandung-Medan sebesar Rp 21 juta yang viral dibahas di sejumlah media sosial belakangan ini.

Advertisements

CEO Transport Traveloka Caesar Indra mengatakan harga yang tertera di platform perusahaannya merupakan harga maskapai kelas bisnis yang didapatkan langsung dari pihak operator. “Pesawat yang ditawarkan adalah kelas bisnis, tentu harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas ekonomi,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis, 30 Mei 2018.

Harga tiket rute Bandung-Medan yang berkembang viral itu merupakan harga yang diedarkan di platform Traveloka seharga Rp 21 juta. Caesar menjelaskan, tingginya tarif itu terjadi lantaran perjalanan pesawat bukan relasi langsung Bandung-Medan, melainkan rute transit. 

Pesawat tersebut, kata Caesar, haru transit di beberapa kota, di antaranya Denpasar dan Jakarta. Penjualan tiket rute transit dengan maskapai kelas bisnis ini muncul dalam daftar pemasaran karena tiket untuk rute langsung Bandung – Medan kelas ekonomi sudah ludes.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan, sebelumnya menjelaskan, harga tiket rute Bandung – Medan seharga Rp 21 juta yang viral dibicarakan itu bukan penerbangan langsung. Harga tiket pesawat itu melibatkan banyak kota sebagai transit yaitu Bandung – Denpasar – Jakarta – Kualanamu.

“Dan memutar jauh sehingga harganya menjadi mahal. Bukan penerbangan langsung,” kata Ikhsan dalam keterangan tertulis, Rabu, 29 Mei 2019.

Menurut Ikhsan, harga tiket penerbangan Jakarta – Medan yang dijual Garuda sebesar Rp 2,1 juta sesuai tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan Garuda Indonesia sendiri tidak punya rute penerbangan Bandung – Medan.

Lebih jauh Ikhsan mengimbau masyarakat untuk lebih cermat bila membeli tiket pesawat di online travel dan perlu melihat detail rute dan transit yang ditawarkan oleh sistem pencari. “Karena sistem akan mencari rute seat yang available walaupun terlalu banyak transit, memutar jauh dan melibatkan banyak maskapai penerbangan sehingga harga yang muncul terlalu mahal,” kata dia.

Sumber:bisnis.tempo.co

Advertisements

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart