Cara Millenial Memupuk Kekayaan? Belajarlah 4 Hal Ini dari Miliarder

Cara Millenial Memupuk Kekayaan? Belajarlah 4 Hal Ini dari Miliarder

Siapapun pasti ingin memupuk kekayaan. Akan tetapi, membangun kekayaan bukan hanya masalah bekerja keras.

Membangun kekayaan juga membutuhkan pola pikir yang mendukung. Pakar keuangan pribadi Erin Lowry yang juga pendiri situs BrokeMillennial.com dan penulis buku “Broke Millennial Takes on Investing: A Beginner’s Guide to Leveling Up Your Money” memberikan sejumlah panduan bagi millenial untuk membangun kekayaan.

Ia mengajukan pertanyaan kepada milenial untuk membantu mereka berada di jalan yang tepat guna menjadi milliarder dengan usaha sendiri. Caranya adalah dengan mengobservasi perilaku milliarder dalam mengelola keuangan.

Dikutip dari Business Insider, Minggu (28/4/2019), berikut ini 4 hal yang dilakukan para milliarder yang dapat ditiru millenial untuk membangun kekayaan.

1. Berpikir jangka panjang

“Orang-orang kaya sangat mengapresiasi warisan. Apapun yang mereka lakukan tidak untuk hari ini,” kata Ashley Fox, mantan pegawai JPMorgan Chase yang kini berprofesi sebagai pakar pendidikan finansial.

Fox memberi contoh, semisal adalah seseorang yang ingin membeli saham dan memperoleh kekayaan dalam waktu singkat. Hal tersebut tidak dilakukan oleh orang-orang kaya, yang berpikir keberlangsungan hingga jangka panjang.

“Saya rasa kita sangat tergiur dengan menjadi kaya dengan cepat untuk sementara. Orang-orang kaya fokus pada menjaga dan melestarikan aset mereka,” sebut Fox.

2. Memilih perusahaan atau industri yang sedang tumbuh

Sallie Krawcheck, mantan CEO Merrill Lynch Wealth Management yang saat ini menjabat CEO Ellevest mengatakan, seseorang lebih mudah sukses dan membangun kekayaan apabila berada pada perusahaan, bisnis, atau negara yang sedang tumbuh.

“Kita tidak cukup menekankan bahwa penting untuk memilih perusahaan atau industri yang tepat,” ungkap Krawcheck.

Ia mengatakan, apabila Anda berada di perusahaan yang tumbuh 10 persen per tahun, maka Anda akan mengalami pertumbuhan 10 persen pula. Namun, jika Anda berada di perusahaan yang menyusut 10 persen, maka Anda harus 10 persen lebih baik dari orang lain agar bisa bertahan.

“Kemudian, agar bisa tumbuh, Anda harus 20 atau 30 persen lebih baik dari orang lain. Dan tidak ada yang melakukan itu,” ungkap Krawcheck.

3. Investasi sejak dini dan konsisten

Menurut Colleen Jaconetti, analis investasi senior di Vanguard Investment Strategy Group, millenial harus berinvestasi sejak dini dan dilakukan secara rutin.

“Orang tidak memupuk kekayaan tanpa menabung (berinvestasi). Milikilah pengetahuan tentang apakah produk investasi Anda menciptakan perbedaan besar,” ucap Jaconetti.

Selain itu, lakukanlah diversifikasi investasi Anda. Lakukanlah investasi pada produk yang berkualitas tanpa harus membayar lebih besar.

4. Bersabar

“Bersabarlah. Banyak orang tidak membangun kekayaan mereka dalam semalam,” sebut Douglas Boneparth, pendiri Bone Fide Wealth.

Menurut Boneparth, jumlah waktu, energi, dan uang yang dicurahkan harus menjadi fokus. Dia menyebut, Anda harus bertanya pada diri sendiri tentang bagaimana mencapai level kesuksesan tersebut dan bagaimana mengaplikasikannya pada diri Anda.

“Setiap kali ada orang yang melintas dengan mengendarai (mobil) Porsche yang bagus, dulu saya berpikir, ‘Oh, orang itu beruntung.’ Sekarang saya berpikir, ‘Dia telah bekerja keras’,” kata Boneparth.

Sumber: Business Insider

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart