Gandeng Santripreneur Indonesia, BeKRAF Sukses Gelar Workshop Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif di Kota Ternate

Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif | BeKRAF Ternate

SiwaExpress.com – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar kegiatan Workshop Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif di Kota Ternate Terkait Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kreatif di Hotel Grand Dafam Bela, Kota Ternate, kegiatan workshop berlangsung pada tanggal 16 s.d 17 Oktober 2017.

Para peserta dari kegiatan tersebut yakni pelaku UKM sebanyak 150 orang yang sudah lolos seleksi dari 200 orang pelaku usaha yang mendaftar. Dalam Kesempatan itu, Ibu Yuke (Kasubdit Pembiayaan Syariah Bekraf Menyampaikan “tentang upaya pihaknya dalam meingkatkan kapasitas pelaku ekonomi UKM kreatif.

“Pointnya adalah Kita Mulai Launching “BeKraf Go To Pesantren”, dimulai di Ternate dengan menggandeng Santripreneur Indonesia dibawah Bimibingan KH Ahmad Sugeng Utomo (Gus Ut). para pelaku UKM kreatif juga berkesempatan meningkatkan kapasitas dalam manajemen keuangan, manajemen risiko, memahami inovasi dalam menjalankan usaha kreatifnya. Bekraf mencoba memfasiltasi atau menjembatani bagaimana pelaku UKM Kreatif dapat mengakses permodalan khususnya di Perbankan. Mereka juga dapat meningkatkan variasi dan kualitas produk dengan ilmu yang disampaikan oleh narasumber yang kami hadirkan,” ungkapnya.

Penyelenggaraan acara berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, sambutan dari KH Ahmad Sugeng Utomo (Gus Ut)  Pembina Santripreneur Indonesia  KH  Ahmad Sugeng Utomo (Gus Ut) mengemukakan, tujuan didirikannya Sekolah Bisnis Santripreneur adalah mendoktrin anak-anak muda, khususnya para santri, untuk menjadi pengusaha dan tidak serta merta menjadi karyawan saja. Pada Kesempatan Itu Hadir Pula Narasumber : Ibu Ligwina Hananto Seorang Konsultan Bisnis, Founder dan CEO QM Financial memaparkan tentang Cara Membuat Rencana Bisnis dan Cara Praktis Analisa Laporan Keuangan Usaha.

Dihari Kedua, Mohammad B.Teguh (Praktisi Keuangan Syariah) Menyampaikan Pemahaman Tentang Ekonomi Syariah kemudian dilanjutkan Sharing Session Oleh Mbak Nilamsari (Owner dan Marketing Director PT. Baba Rafi) Berbagi Cerita tentang kisah sukses beliau dalam menjalankan bisnisnya Kebab Turki Baba Rafi yang sudah sukses hingga kini memiliki +/_ 1300 Outlet  bukan hanya di Indonesia Melainkan sudah merambah ke luar negeri.

Kemudian Bapak Ano Sajid – COO Ina Isdev Menambahkan Perihal Cara Membangun Jiwa Wirausaha dan Terakhir Narasumber dari Pimpinan BNi Syariah Maluku Utara Tentang Akses Permodalan dan Pembiayaan Syariah. Diakhir acara workshop Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif di Kota Ternate ini dirangkaikan dengan Foto Bersama dan Pemberian Hadiah Bagi Peserta Yang Beruntung serta Penyerahan Sertifikat Kepada Seluruh Peserta.

Laporan: andre/ www.siwaexpress.com