Inilah Kecanggihan Teknologi Kamera Smartphone Saat ini

Mengenal Canggihnya Teknologi Kamera Smartphone

Beberapa fitur kamera yang dibawa smartphone saat ini mampu membuat smartphone disejajarkan dengan perangkat kamera sesungguhnya.

Kamera masih menjadi fitur jagoan bagi smartphone terbaru yang hadir. Ini tidak lepas dari tren penggunaan smartpone yang mengandalkan smartphone untuk mengabadikan momen sekaligus meng-uploadnya ke jejaring sosial.

Melihat minat tersebut, vendor smartpone pun berlomba-lomba menyuguhkan kamera dengan kemampuan dan kecanggihan yang semakin ditingkatkan. Jika sebelumnya tiap smartpone saling memperbesar resolusi kamera yang dibawanya, belakangan persaing mulai berubah. Kini beberapa smartphone terbaru coba menghadirkan fitur tambahan kamera yang beraneka ragam. Apa saja?

  1. Camera Hasselblad True Zoom

Smartphone Motorola kembali hadir, kali ini membawa brand Moto. Adalah Lenovo, yang sudah menguasai Motorola, yang membawa kembali smartphone Moto ke pasaran. Coba menggebrak, smartphone Moto tampil dengan sesuatu yang berbeda. Yaitu mengusung desain modular, di mana smartphone bisa dibongkar-pasang dengan perangkat tambahan yang disebut dengan Mods.

Salah satunya yaitu Camera Hasselblad True Zoom. Mods ini merupakan hasil kerjasama antara perusahaan produsen kamera dan perlenkapan photografi Hasselblad dan Moto yang merancang sebuah Mods untuk memaksimalkan pengalaman ber-mobile photografi.

Dengan Hasselblad True Zoom ini pengguna dapat melakukan Optical Zoom hingga 10x. Dengan Optical Zoom ini, Karena tanpa mengurangi resolusi gambar, pengguna dapat mengambil foto secara rinci dengan jarak jauh. Pengguna juga tidak perlu khawatir akan jarak dari subjek karena fokus dapat didapatkan dengan cepat dan mudah. Dibantu juga dengan Xenon flash, tidak masalah mengambil foto pada kondisi low light. Xenon flash dapat menerangi objek dengan sempurna, sehingga tetap mendapatkan objek yang cehar dan jelas.

2. Dual Camera

Belakangan beberapa smartphone mulai mengusung fitur Dual Camera. Fitur ini sebenarnya sudah hadir tahun 2016 lalu, dibawa oleh LG G5 SE iPhone 7 Plus. Smartphone ini dibekali dua buah kamera resolusi utama 16MP dan 8MP. Sayangnya, gaungnya tidak terlalu terdengar.

Di penghujung tahun 2016, fitur Dual Camera coba kembali diangkat. Adalah Huawei P9 smartphone yang mengusung dua kamera 12 megapiksel di bagian bodi belakangnya. Seolah belajar dari sebelumnya, Huawei P9 memperkuat fitur Dual Camera dengan mengggandeng produsen kamera ternama, Leica.

Teknologi kamera ini memang menjadi nilai jual utama Huawei P9. Di bagian belakang, terdapat dua unit sensor 12MP yang saling bekerjasama menangkap gambar secara detil dalam waktu sekejap. Ketika diperbesar (zoom), hasil jepretan foto masih sangat baik.

Huawei P9 punya satu unit sensor RGB 12M untuk menangkap warna, sementara sensor satunya lagi juga beresolusi 12MP namun sensor monokrom (hitam-putih) guna mampu menangkap detail gambar dengan kualitas lebih bagus. Lalu software kamera dalam smartphone akan memastikan hasil foto terbaik.

Berkat sistem autofocus yang bertumpu pada teknologi laser autofocus, pemotretan saat cahaya berlimpah, kamera P9 dengan aperture f/2.2 sanggup menangkap gambar berkualitas dengan saturasi warna dan kontras yang tinggi. Ketika berada di situasi low-light, fitur dual-LED flash mampu membantu pemotretan di tempat gelap, sehingga hasil jepretan P9 masih sangat baik.

Bahkan ketika tingkat cahaya sangat rendah, tangkapan gambar P9 terlihat masih cukup baik. Kamera kamera P9 sudah dilengkapi Optical Image Stabilizer sehingga pengguna bisa mengambil gambar dalam situasi low-light tanpa tampak kabur karena goyangan. Kamera depan P9 yang memiliki resolusi 8 megapiksel berkualitas cukup baik dengan setting default sudah membuahkan hasil yang memuaskan.

Setelah Huawei P9, smartpone lain yang mengusung Dual Camera yaitu Vivo V5 Plus. Namun berbeda dengan smartphone lainnya, smartphone ini menyematkan dual camera di bagian depan. Jadilah Vivo V5 Plus menjadi smartphone pertama yang membawa dual camera selfie. Vivo V5 plus didukung dengan front kamera 20 megapixel dan 8 megapixel dual front kamera.

3. Foto Bokeh

Sebelumnya hanya kamera profesional yang mampu menghasilkan foto bokeh. Yaitu foto dengan efek fokus pada objek tertentu, sedangkan bagian lainnya tampak blur. Namun kini smartphone pun sudah memiliki kemampuan yang sama.

Ini berkat adanya Dual Camera yang melekat pada smartphone. Kamera satu menjamin kejernihan dan fokus gambar, sementara kamera satunya menangkap informasi deft of field secara bersamaan, mereka menciptakan efek bokeh yang sebanding dengan kamera DSLR.

Huawei P9 dan Vivo V5 plus adalah dua smartphone yang menggaungkan kemampuan foto bokeh. Di smartphone ini disediakan menu Bokeh yang memudahkan untuk menghasilkan foto focus-blur.

4. Video Steady Record

Fitur ini salah satunya dibawa oleh LG V20. Smartphone ini menawarkan teknologi perekaman video Steady Record 2.0. LG V20 adalah smartphone pertama yang menggunakan Qualcomm proprietary (EIS) video stabilisation yang bekerja berdasarkan sensor gyroskop. Kamera ini juga dilengkapi dengan image steam analysis (DIS) untuk melacak benda bergerak dan menstabilkan video dengan mengikuti garis pergerakan objek.

Sumber Artikel :

Mengenal Canggihnya Teknologi Kamera Smartphone