“Kekayaan 8 Orang Ini Menyamai Separuh Kekayaan Penduduk Dunia”

FMOS GOLDRING 8.jpg

Total kekayaan yang dimiliki delapan milyarder diperkirakan menyamai kekayaan separuh penduduk dunia. Peringatan itu dikeluarkan pengamat kepada pemimpin dunia yang menghadiri konferensi di Swiss.

Oxfam dalam kaji selidiknya menemukan kesenjangan antara golongan kaya dan miskin semakin meningkat, melebihi perkiraan mereka sebelumnya. Kondisi itu, sehingga menciptakan gesaan sehingga kondisi ekonomi saat terakhir, yang saat ini memungkinkan hanya sekelompok kecil manusia memiliki kekayaan ekstrim, sedangkan rasio satu dari sembilan orang lagi kelaparan.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May dan Menteri Keuangan, Philip Hammond diharapkan menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos, minggu ini. Yang diharapkan hadir, beberapa pemimpin politik dan bisnis dari seluruh dunia.

Acara tahunan yang diadakan di sebuah resor ski mewah di Swiss itu, sering dikritik karena sekadar menjadi medium dialog ‘kedai kopi’ negara kaya dan berkuasa. Justru, Oxfam menyerukan pemimpin internasional supaya bekerja untuk menghentikan perbuatan menghindari pajak, meningkatkan tarif pajak untuk membiayai dana kesehatan, menciptakan lebih banyak peluang pekerjaan dan pendidikan serta peningkatan peluang untuk wanita.

Kepala Eksekutif Oxfam GB, Mark Goldring, mengatakan hasil penelitian terhadap ketimpangan tahun ini adalah lebih jelas, lebih tepat dan lebih mengejutkan dibandingkan sebelumnya. “Lebih parah dan menjijikkan ketika mengetahui bahwa sekelompok pria yang menaiki sebuah mobil golf memiliki kekayaan melebihi setengah dari populasi dunia.”

Ketidaksamaan ini tidak hanya menyebabkan jutaan orang terjebak dalam kemiskinan, malah turut mempengaruhi masyarakat dan meracuni politik kita. “Tidak wajar seseorang eksekutif tertinggi menerima bonus berlipat sedangkan gaji karyawan tidak bergeming atau perusahaan multinasional dan jutawan menghindar dari pajak, sedangkan kualitas layanan publik terganggu.” Ulasan Oxfam adalah berdasarkan data dari bank Swiss, Credit Suisse dan Forbes.

Delapan Milliarder Dunia ini, termasuk :

1. Dermawan Bill Gates;
2. Pendiri Inditex, Amancio Ortega;
3. investor veteran, Warren Buffett;
4. Jutawan Meksiko, Carlos Slim;
5. Ketua Amazon, Jeff Bezos
6. Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg;
7. Larry Ellison (Oracle) dan,
8. Mantan Walikota New York, Michael Bloomberg.

Namun, Institut Adam Smith yang juga kelompok pemikir pasar bebas menuduh Oxfam mengeluarkan informasi yang menyesatkan.

Agensi :

www.bharian.com