Tips Dalam Memilih Beberapa Komponen Untuk Sepeda Fixie

Merakit Sepeda Fixie Impianmu

Sepeda fixie memang cukup populer di kalangan anak muda. Keunikan sepeda fixie salah satunya adalah tidak memiliki rem. Pedal akan terus berputar selama roda menggelinding. Jika kamu ingin mengeremnya, kamu cukup menahan lajunya. Sepeda fixie juga memiliki ban yang tipis, sehingga ringan ketika dikendarai.

Untuk urusan komponen, sepeda fixie ini tidak serumit jenis sepeda lainnya, wajar jika sepeda ini beratnya lumayan ringan. Bahkan kamu bisa mengkombinasikan dengan komponen jenis sepeda lain dan merakitnya dengan sesuka hati lho.

Sebenarnya kamu bisa membeli sepeda fixie yang sudah jadi, kamu tidak akan kesulitan menemukan tempat yang jual sepeda fixie ini. Namun, jika kamu ingin merakit sepeda fixie sendiri, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih komponen-komponen yang cukup penting pada sepeda fixie, sebagai berikut ini:

merakit sepeda fixie

Frame

Frame adalah bagian rangka utama sepeda fixie, jadi carilah yang ukurannya sesuai dengan tubuh kamu. Ukuran frame yang salah bisa mengurangi kenyamanan kita saat mengendarainya. Perlu kamu perhatikan juga drop out tempat fixed gear. Sebaiknya kamu cari yang berbentuk horizontal ya. Kalau kamu pilih yang drop out berbentuk vertikal, kemungkinan hub bisa lepas saat kamu rem atau gowes ke belakang.

Fork / Garpu

Ada berbagai jenis fork yang bisa kamu pilih, seperti Fork Single Speed, Fork Mataro Aluminum, Fork Gigi, Fork Chrome dan lainnya. Jika frame yang kamu pilih adalah frame jadul, kamu boleh pilih fork bawaan. Yang penting adalah, fork harus cukup untuk ban yang berukuran 26-27″.

Handle Bar / Stang

Stang digunakan untuk mengendalikan roda depan agar berbelok. Jenisnya pun bervariasi, flat handlebar bisa membuat tubuhmu membungkuk ke depan sehingga ideal untuk mengejar kecepatan. Sementara dengan menggunakan jenis Rise handlebar, tubuhmu akan  menjadi lebih tegak. Sesuaikan jenis stang dengan kebutuhanmu.

tips merakit sepeda fixie

Grip / Karet Stang

Karet stang biasanya harus dilengkapi jika stang yang kamu pakai adalah jenis flat handlebar (lurus). Pilih dari bahan yang berkualitas dan pilih warna yang cerah sesuaikan sepeda fixie yang kamu rakit.

Headset

Headset adalah komponen yang memiliki cincin sebagai penghubung antara frame dan garpu. Fungsinya agar fork dan stang dapat diputar. Pilih headset dengan tipe bearing. Harganya memang mahal, namun kualitasnya bagus dan bisa lebih awet.

Crank / Gigi Depan

Crank adalah jenis gear yang menyatu dengan tangkai pedal. Biasanya crank dijual dalam bentuk gigi depan dan tuas pedal. Pilih yang jumlah runcingnya 40, 48, 56 runcingan. Makin besar jumlah runcingannya, main besar ukurannya.

sepeda fixie

Rims (Velg)

Untuk merakit sepeda fixie ada 2 pilihan rims yang bisa kamu pilih. Rims pada sepeda fixie biasanya lebar dan tebal (berbentuk seperti donat). Semakin lebar atau tebal velg itu, maka harganya pun semakin mahal. Selain itu, semakin tebal velg, maka kamu membutuhkan pentil khusus yang semakin panjang untuk ban dalam.

Ban

Ini yang tak kalah penting. Umumnya orang memilih ban dengan ukuran roda 700 karena tersedia dengan warna-warna yang cerah. Kamu juga sebenarnya bisa memilih ban roda 27, tetapi ingat kamu lebih sedikit menemukan alternatif warnanya. Merk yang bisa kamu pilih yakni Ban CST, Ban DURO, atau Ban CHUNG YUAN.

cara merakit sepeda fixie

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih beberapa komponen untuk sepeda fixie. Semoga bermanfaat ya!

Lihat info & Tips Lainnya :

 – LAYANAN JASA PHOTOBOOTH EXPRESS MURAH & PROFESSIONAL