Maraknya Pendidikan Informal Seperti Bimbingan Belajar di Indonesia

Maraknya  Pendidikan Informal  seperti Bimbingan Belajar  di Indonesia

Maraknya  Pendidikan Informal  seperti Bimbingan Belajar  di IndonesiaPendidikan di Indonesia adalah suatu system yang benar benar sudah terstruktur dengan baik dibawah tanggung jawab Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud). Suatu system yang sedang gencar gencarnya digalakkan oleh Pemerintah untuk mengentaskan buta aksara

Kita sebagai warga Negara Indonesia tentu saja melalui beberapa tahap pendidikan seperti pendidikan formal, pendidikan informal,dan pendidikan nonformal. Kali ini saya akan membahas tentang pendidikan informal, lebih spesifiknya tentang maraknya pendidikan Informal seperti bimbingan belajar di Indonesia.

Sebagai seorang pengajar yang telah mengajar di pendidikan formal sebagai Guru sekolah Dasar Islam selama hamper 1,5 tahun, saya sendiri tak pernah mempermaslahkan kurikulum ataupun program yang telah tertata dengan baik oleh Pemerintah.Bagaimana dengan system pendidikan informal yang sekarang ini sedang saya geluti?

Dengan menjalani pendidikan informal,manfaatnya masyarakat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan pemahaman lainnyayang  tidak hanya cukup dengan mengikuti pendidikan formal saja.Mereka merasa bahwabekal yang didapat di pendidikan formal tidak cukup dalam membekali pengetahuan untuk pendidikan lanjut dunia kerja

Maraknya Pendidikan Informal seperti Bimbingan Belajar di IndonesiaSiwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

Sebagai salah satu wahana pembentuk karakter bangsa, sekolah sendiri  adalah lokasi penting dimana para “Nation Builders” Indonesia diharapkan dapat berjuang membawa negara bersaing di kancah global. Seiring dengan derasnya tantangan global, tantangan dunia pendidikan pun menjadi semakin besar, hal ini yang mendorong para siswa mendapatkan prestasi terbaiksalah satunya  melalui mengikuti bimbingan belajar.

Saya sendiri merasakan sejak sekitar tahun 2000, maraknya pendidikan informal di Indonesia sudah bisa dibilang menjamur.

Dari pendidikan informal seperti tempat les baca bagi anak anak pra sekolah taman kanak, hingga lembaga bimbingan belajar yang mengharuskan kita merogoh kocek cukup mahal agar lulus materi Ujian Nasional atau sekedar memanggil guru privat ke rumah sisiwa juga merupakan salah satu jasa layanan Lembaga Bimbingan Belajar.

Setelah saya resign dari Sekolah Dasar berbasis Islami , yang dikarenakan menuntut saya mengajar satu hari penuh, akhirnya saya lebih memilih mengajar pada bimbingan belajar di daerah Palur.
Saat itu yang terpintas dalam benak saya adalah efisien waktu karena saya sendiri adalah seorang istri dan Ibu yang mewajibkan saya lebih memfokuskan pada urusan rumah tangga.Mengenai segi materi pendidikan tak jauh berbeda karena tujuannya juga mengasah keerdasan intelektual siswa.

Di lembaga Bimbingan Belajar jumlah siswa lebih sedikit daripada kita mengajar di sekolah formal yang memungkinkan kita untuk  memaksimalkan serta mengenal karakter anak lebih baik.

“.  Menjamurnya bimbel merupakan ekses dari orientasi pendidikan kita yang sejak dulu diarahkan pada wawasan kognitif semata dengan alat deteksi utama yang dipakai berupa  ‘paper and pencil test’.Setelah 5 bulan lamanya mengajar di sebuah bimbingan belajar dan mengampu mata studi Bahasa Inggris, saya mendapatkan tawaran gaji yang lebih baik di Bimbingan lain.maka sayapun menyesuaikan diri di tempat Bimbingan belajar yang baru.

Bimbingan belajar yang saya akhirnya pilih ini ternyata cukup terkenal dan bonafit. Sisetmnya juga memakai buku penunjang dari mereka, saya hanya tinggal mengajar, menerangkan dan memberikan soal soal yang telah ada di buku. Ini agak memudahkan saya sebagai pengajar tetapi sisi negatifnya yaitu kualitas pengajar atau yang disebut tentor kurang berkembang.

Banyak fasilitas yang saya dapatkan dari Bimbingan belajar tersebut anatara lain, jaket pengenal lembaga bimbingan belajar, buku modul,kartu absensi serta fasilitas minum yang disediakan bagi para tentornya merupakan suatu hal istimewa karena bimbingan belajar tersebut juga terkenal istimewa mahalnya.Yuk pertambah ilmu dan asah otak lewat bimbingan yang berkualitas!Jangan pernah meremehkan pengajar di bimbingan belajar karena mereka juga sama sama pendidik bahkan mungkin system mereka dalam mengajar lebih mudah diterima oleh siswa

Pengirim Artikel :

Wimala , Surakarta , 0856259xxxx