6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit

6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit (7)

Perut yang buncit adalah hal umum yang dapat terjadi kepada siapapun. Tentunya kalian tidak menyukai hal tersebut dan ingin menyingkirkannya! Karena itu, kami akan memberitahukan 6 cara yang mudah dan sederhana untuk mengurangi kebuncitan yang disebabkan perut yang kembung.

1. Kurangilah produk berlabel “Bebas Gula”

Banyak sekali makanan yang berlabel “bebas gula” menggunakan pemanis buatan seperti sorbitol dan aspartame yang sulit dicerna sehingga menyebabkan perut kita kembung. Karena itu kita harus sadar bahwa walau suatu produk berlabel bebas gula, tidak berarti makanan atau minuman tersebut sehat untukmu.

6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit (5)Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

2. Jangan makan secara terburu-buru

Ketika kamu mengunyah dengan cepat, kamu cenderung menelan banyak gas yang dapat memproduksi udara. Makanan juga menjadi tidak terkunyah dengan baik, dan menyebabkan peradangan pada saluran pencernaanmu.

Ketika kita mengunyah makanan secara perlahan-lahan, kita meningkatkan jumlah air liur dan enzim yang tercampur dengan makanan sehingga dapat langsung memulai proses pencernaan. Pencernaan dimulai di mulut, dan kebanyakan orang lupa akan hal ini!

6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit (6)Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

3. Kurangi sayuran mentah

Sayuran mentah sulit dicerna olah tubuh kita. Menurut University of Chicago, banyak sayuran mengandung raffinose atau pati, yang juda dapat menyebabkan gas yang berlebihan sehingga perut menjadi kembung.

Sayuran mentah mengandung enzim yang tinggi yang dikatakan dapat membantu pencernaan. Tapi, sistem pencernaan kita tidak cukup kuat untuk mencerna enzim-enzim tersebut.

6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit (4)Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

4. Jangan panik

Kita semua memiliki hormone stres, dan hormon tersebut dapat mempengaruhi sistem pencernaan kita.

Kristi King, seorang juru bicara di Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan: “ketika sedang stres, kamu mungkin dapat mengalami diare dan gas yang berlebihan dan kemudian menyebabkan kekembungan pada perutmu.” Dia menyarankan untuk pergi berjalan-jalan santai ketika sedang stress untuk menenangkan sarafmu dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara yang ada didalam perutmu.

Kecemasan dan stress juga menutup bagian otakmu yang menangani pencernaan. Stres itu sendiri menyebabkan banyak tekanan pada perutmu. Hal ini juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan neurotransmitter.

6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit (3)Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

5. Berolahragalah dengan teratur

Sangatlah penting untuk berolahraga ringan secara teratur karena dapat mengurangi kembung. Kurangnya aktifitas fisik dapat menyebabkan sembelit dan perut yang kembung. Jadi pastikan untuk memulai berolahraga secara teratur jika belum kamu lakukan.

6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit (1)Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

6. Pergilah ke dokter

Kembung kronis dan banyaknya gas dapat disebabkan oleh intoleransi terhadap laktosa atau fruktosa.

Sangat penting untuk melakukan check-up ke doktermu jika kamu memiliki gejala kembung yang berlanjutan atau sering, supaya kamu dapat lebih mengerti apa yang sedang terjadi di dalam perutmu.

6 Cara Yang Mudah dan Sederhana Untuk Mengurangi Perut Buncit (2)Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM