TIPS MEMILIH JASA FOTO & VIDEO PERNIKAHAN !

Professional Hijab Make Up Indonesia

TIPS MEMILIH JASA FOTO & VIDEO PERNIKAHAN ! SEPUTAR WEDDING – Saat dihadapkan dengan momen-momen bersejarah khususnya wedding, tentunya hal yang paling penting adalah bagaimana dengan dokumentasinya. Momen yang bersejarah ini akan segera berlalu, yang bisa menjadi kenangan untuk anak cucu kelak hanyalah dokumentasi foto dan video. Jangan sampai kenangan tersebut hilang dalam sekejap hanya karena kesalahan dalam memilih jasa/vendor dokumentasi.

Untuk itu, berikut beberapa tips dan hal penting sebagai pertimbangan dalam memilih jasa/vendor dokumentasi atau jasa dokumentasi foto untuk momen penting Anda:

 

  1. PENGALAMAN –
    Apakah mereka telah pernah menjadi fotografer pernikahan yang lain sebelumnya? Dokumentasi wedding sangat berbeda dengan foto studio. Semua prosesi acara dalam wedding berlangsung cepat, bahkan di tiap daerah punya tradisi masing-masing. Pengalaman terhadap tradisi ini sangat penting agar tidak ada momen yang terlewat. Momen tersebut tidak dapat direka ulang. Sangat berbeda halnya dengan foto studio atau pembuatan video iklan & film, semua bisa direka ulang jika hasil kurang baik atau memuaskan.
  2. KEBENARAN IKLAN –
    Seringkali saat membutuhkan sesuatu kita telah terbiasa untuk browsing atau googling. Sangat banyak iklan yang muncul, yang terpenting adalah periksa kebenaran iklan tersebut. Jika ada pricelist yang terlampir, apakah harga tersebut masih sama atau ada perubahan. Apakah benar hasil karya yang dipajang adalah karya asli. Ketahui secara detail mengenai lokasi studio dan seharusnya mereka memiliki kontak yang dapat dihubungi langsung.
  3. HARGA –
    Apakah harga mereka sesuai dengan anggaran Anda? Jika tidak, apakah perbedaan harga dengan fotografer lain sepadan? Pastikan Anda memahami segala biaya pelayanan, termasuk biaya akomodasi, transportasi, cetak ulang dan album hingga charge untuk tambahan permintaan. Waspadai juga jika mereka menawarkan harga yang terlalu murah, karena bisa saja ada kualitas yang dikorbankan. Tentunya Anda tidak ingin menukar momen penting Anda dengan uang yang mungkin tidak bernilai apa-apa dibandingkan momen bersejarah Anda ini.
  4. PENAWARAN –
    Apakah satuan atau paket, Anda harus memahami apa saja yang Anda proleh. Apa Anda dapat melakukan pesanan khusus & berapa biayanya. Kadang paket adalah tetap, kadang juga dapat disesuaikan, bertanyalah! Berapa banyak waktu yang disiapkan untuk sebuah layanan? Bagaimana jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu atau penambahan jam kerja?
  5. KONTRAK –
    Anda harus paham apa saja yang menjadi kewajiban dan hak anda. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki keraguan sebelum penandatanganan. Hindari melakukan transaksi dengan penyedia jasa saat mereka tidak menawarkan sebuah kontrak agar tidak terjadi kesalahpahaman atau ketidakjelasan apa saja hak Anda dan apa saja kewajiban mereka.
  6. CARA PEMESANAN –
    Apakah bisa hanya dengan panjar atau harus langsung dilunasi. Tanyakan resiko apa saja yang mungkin terjadi. Sebagai contoh studio: SiwaExpress.com ® tidak akan mengerjakan suatu order jika belum menerima panjar sebesar 50% paling lambat satu minggu sebelum acara. Studio ini juga menyediakan fasilitas cicilan kartu kredit dengan bunga 0%.
    Setidaknya Anda harus melakukan panjar sebagai tanda jadi sebagai keamanan pesanan Anda sendiri. Bayangkan saja saat hari H ternyata jasa/vendor dokumentasi yang telah Anda pesan ternyata tidak ada karena mereka menerima order lain. Anda tidak punya dasar, karena memang belum ada sesuatu yang mengikat pesanan Anda.
  7. REFERENSI –
    Referensi pribadi selalu yang terbaik dan banyak yang membicarakannya. Buat referensi dari fotografer dan periksa mereka secara pribadi. Jasa/vendor dokumentasi yang tidak memiliki referensi atau takut untuk memberikannya kepada Anda mungkin bukan orang yang perlu Anda sewa. Terkadang juga ada beberapa penyedia jasa/vendor yang tidak dapat menunjukkan referensi karena terhalang dengan hak distribusi. Untuk seperti ini, mintalah untuk bertemu langsung karena mereka pastinya masih memiliki hak display atau penayangan secara pribadi.

 


Demikian beberapa tips dalam memilih jasa/vendor dokumentasi. Yang perlu diingat adalah pelajari track record dari suatu vendor sebelum melakukan pemesanan, mintalah rekomendasi dari orang-orang terdekat Anda. Utamakan hasil yang baik dan sesuai selera Anda, jangan jadikan harga sebagai tolak ukur utama karena dokumentasi adalah investasi untuk masa depan Anda.