Diwarnai Unjuk Rasa Mahasiswa, Saat Penyambutan Wapres JK Saat Menerima Anugerah Doktor Kehormatan HC Padang

siwaexpress.com

SIWAEXPRESS.COM – Diwarnai Unjuk Rasa Mahasiswa, Saat Penyambutan Wapres JK Saat Menerima Anugerah Doktor Kehormatan HC. Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, mengamankan sebanyak tujuh orang mahasiswa yang melakukan unjuk rasa saat penyambutan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menerima anugerah Doktor Kehormatan Honoris Causa (HC) di Universitas Andalas (Unand) Padang.

“Mereka diamankan karena berupaya mengganggu jalannya acara sehingga mereka dibawa ke Mapolsekta Pauh Padang untuk dimintai keterangan,” kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, seperti dikutip dari Antara, Senin (5/9).

Selain itu, ke tujuh mahasiswa yang melaksanakan unjuk rasa itu tidak memiliki izin dari kepolisian sehingga harus dibubarkan.

Dia menyampaikan langkah pengamanan ke tujuh mahasiswa ini sebagai tindakan pengamanan terhadap Wakil Presiden Jusuf Kala yang melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat.

“Seharusnya mahasiswa mengetahui prosedur tersebut sebelum melakukan aksi unjuk rasa,” lanjut dia.

Mahasiswa yang diamankan akan dipulangkan setelah dilakukan pemeriksaan dan pembinaan.

“Mereka hanya diamankan sebentar saja dan diperiksa kemudian akan dikembalikan lagi,” jelas dia.

Sementara koordinator lapangan aksi mahasiswa Unand, Juniwaldi mengatakan aksi unjuk rasa yang dilakukan bukan menolak kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla, tapi lebih kepada desakan agar pemerintah lebih transparan dalam pengelolaan pendidikan.

“Kita hanya menyampaikan pesan kepada Wapres, agar sistem pendidikan di negeri ini diperbaiki,” tutup dia.

[hhw]