BLOG IS ABOUT YOU, Apa yang ingin anda bagikan…?

ngeblog

Ini adalah realita seorang blogger yang sudah ngeblog kurang lebih selama setengah tahun. Setelah berbulan-bulan saya ngeblog, saya sadar bahwa sebagian besar waktu yang ada tidak digunakan untuk melakukan kegiatan blogging. Pada akhirnya bahkan saya malah tidak ngeblog sama sekali. Hampir semua blogger mungkin juga mengalami hal yang sama, dimulai sejak pertama kali saya melihat blog-blog populer yang mengajari kita bagaimana cara membuat blog, bagaimana cara mendatangkan trafik, dan bagaimana memonetize blog supaya menghasilkan banyak uang, blog demi blog telah saya baca, ratusan website telah ditelusuri, dan mulailah saya putuskan untuk membeli domain & hosting, supaya bisa segera ngeblog secepat mungkin.

Namun pada akhirnya saya malah melakukan hal-hal lain apapun selain ngeblog itu sendiri. Dimulai dari memilih-milih theme & plugin untuk blog, mengeset berbagai fitur blog/navigasi, mobile theme, UI/UX, SEO, dan ratusan fitur lainnya. Tidak sampai disitu, saya juga sering mampir ke blog-blog lain (blogwalking) dan meninggalkan komen/link menuju blog saya tanpa membaca artikelnya sedikitpun, posting artikel untuk promosi di berbagai forum dan group social media, lalu kadang saya juga mengecek kembali apakah komen yang saya tinggalkan sudah di approve oleh moderator sehingga saya mendapatkan backlink.

Yang lebih ekstrim lagi saya membuat postingan tentang bagaimana cara menjadi kaya padahal saya sendiri bukanlah orang yang bisa dikatakan “kaya” (naif sekali). Hal yang lucu dari kebanyakan blogger adalah kita semua mengajari orang lain sesuatu yang bahkan kita sendiri belum mencapainya atau kita tidak bisa melakukannya.

Pernahkah Anda melihat postingan seorang blogger yang berjudul “Cara menghasilkan puluhan/ratusan juta dari AdSense” tetapi blogger itu sendiri bahkan belum diterima oleh AdSense (kalaupun diterima juga penghasilannya tidak seberapa). Atau seorang blogger yang menulis tentang “bagaimana cara mendapatkan ribuan visitor/hari” padahal blognya sendiri hanya mendapat kurang dari 100 visitor/hari. Bahkan yang lebih jelas lagi ada seorang blogger yang membuat postingan “cara mendapatkan ribuan followers twitter dalam sebulan” namun ironisnya akun twitter blog tersebut hanya memiliki 82 followers.

Bagamanakah cara mengatasi Iklan adsense yang tidak tampil pada halaman blog ?Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

Lucu sekali bagaimana kita mau mengajari orang lain sesuatu yang bahkan belum kita capai, memberikan tips yang kita sendiri tidak lakukan, dan mengcopy tulisan-tulisan yang diajarkan oleh para blogger on top yang sudah sukses itu.

Mungkin hampir semua blogger juga melakukan hal yang sama. Kita (para blogger) adalah sekumpulan orang yang berusaha untuk saling mengajarkan/menjual sesuatu yang sama yang telah kita pelajari dari para blogger top yang juga sama. Dan para blogger-blogger top tersebut juga mungkin melakukan hal yang sama, mereka menjual sesuatu yang sudah diajarkan oleh para blogger-blogger top dunia dari luar negeri. Pada akhirnya kita seperti orang bodoh yang saling berbagi tips-tips sampah, motivasi-motivasi sampah, nasihat-nasihat sampah, dan impian bualan yang kita sendiri belum raih.

Semua ini membuat saya muak, blogwalking asal komen supaya mendapat backlink, sedikit-sedikit ngecek analytics seperti orang norak, memantau setiap hari perkembangan dashboard earnings dari monetize blog, dan ribuan hal-hal lain kecuali NGEBLOG.

Sehingga muncullah sebuah pertanyaan: Apa value utama dari sebuah blog?

Blog bukanlah soal trafik, blog bukanlah soal uang, blog bukanlah soal kesuksesan, blog is about you. Blog adalah medium untuk suara Anda. Apa yang ingin Anda tuangkan kedalam blog Anda. Pesan apa yang ingin Anda sampaikan ke masyarakat. Apa yang Anda pedulikan? Curahkan itu semua kedalam blog.

Apa yang ingin saya bagikan? Saya ingin berbagi tentang sesuatu yang REALISTIS dan betul-betul logis bisa dijalankan oleh pembaca blog ini. Menciptakan sebuah media yang jujur dan sungguh-sungguh memberikan dampak positif untuk para pembacanya. Membuat kehidupan orang lain lebih baik karena saya percaya kita akan sukses jika membuat orang lain sukses. Kita akan kaya jika membuat orang lain kaya. Kita akan bahagia jika membuat orang lain bahagia. Jadi lupakan nasihat dan motivasi sampah yang ada, buang semua angan-angan palsu (wishful thinking) dan ciptakan konten yang REAL. Value yang benar-benar nyata dan dapat dirasakan oleh orang.

Value terbaik dari sebuah blog adalah berbagi pengalaman, informasi, opini, dan ilmu pengetahuan. Dan itu membuka mata saya bahwa ternyata selama ini saya tidak betul-betul ngeblog. Jika Anda seorang blogger, Anda akan menyesal jika tidak menggunakan waktu yang ada untuk menulis/ngeblog. Tidak perlu pusing urusan trafik, theme/plugin, SEO, monetize, dan sebagainya. Pikirkan dulu konten blog Anda, pikirkan dulu kenapa Anda ngeblog, sayapun sadar betapa bodohnya apa yang saya lakukan setiap hari, membuang-buang waktu mengurusi berbagai fitur dan statistik. Kenyataannya pembaca tidak peduli dengan semua itu, mereka hanya peduli pada apa yang mereka baca, tidak perlu tampilan muluk-muluk, fitur sana sini toh isinya juga hanya tulisan & gambar, hampir semua blog juga sudah memiliki UI/UX yang rapi termasuk mobile friendly (secara default). Google sendiri juga mengatakan SEO terbaik adalah konten yang baik untuk dibaca manusia bukan robot, jadi fokuslah pada konten, fokuslah ngeblog, karena itu adalah yang terbaik untuk blog Anda.

ngeblog 2Siwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

Lalu bagaimana kalau saya bukanlah orang yang jenius atau memiliki ilmu yang tinggi?

Jika Anda bukanlah orang yang memiliki ilmu tinggi atau informasi khusus apapun, maka Anda bisa membagikan opini dan pengalaman Anda. Saya percaya bahwa konten terbaik adalah opini dan pengalaman karena setiap orang punya ceritanya masing-masing, kita semua memiliki opini dan pengalaman yang unik, karena itu bagikanlah opini/pengalaman Anda ketimbang membuat tulisan tentang tutorial dan cara-cara yang sudah diajarkan oleh ribuan blogger lainnya.

Setelah cukup lama membuat sebuah blog, sekarang saya sadar bahwa blog bukanlah cara cepat menjadi kaya, jutru sebaliknya blog adalah jalan yang panjang untuk mencapai kekayaan. Bukan soal seberapa cepat Anda bisa menghasilkan, tetapi seberapa mampu Anda konsisten dan menghargai proses yang ada. Jika Anda ngeblog karena mengejar hasil (uang/trafik) maka Anda akan capek selama prosesnya, tetapi jika Anda menikmati prosesnya maka Anda akan terus konsisten memberikan hasil yang terbaik.

Mereka yang bisa membantu sesama adalah mereka yang telah memiliki pengalaman, memiliki opini, dan memiliki jawaban dari pertanyaan yang dibutuhkan. Kita semua bisa memulai dari mencari pengalaman baru, mengalaminya sendiri, mencobanya sendiri, dan membagikannya entah itu berhasil/gagal, itulah nilai lebih dari sebuah pengalaman, bahkan pengalaman gagalpun bisa menjadi konten yang sangat berharga untuk dibagikan.

ngeblog dapat apaSiwa Express Production | WWW.SIWAEXPRESS.COM

Kesimpulannya adalah untuk Anda blogger yang membaca tulisan ini, jujurlah dengan diri Anda sendiri, ceritakan pengalaman Anda, beritahukan opini Anda, temukan masalah apa yang Anda pedulikan. Urusan trafik/ monetize/ SEO/ theme/ plugin/ dll itu semua bisa diurus belakangan, jangan sampai Anda malah keasikan membangun blog tetapi justru melupakan pekerjaan utama Anda sebagai seorang blogger yaitu ngeblog (menulis).

Bagi Anda yang bertanya darimana saya mendapatkan sumber inspirasi untuk blog ini?

Sebagian besar artikel blog ini terinspirasi dari solusik.com situs yang isinya bermacam-macam mengenai kehidupan, bisnis, motivasi, dll. Saya percaya bahwa ilmu terbaik itu selalu tersedia gratis, karena itu saya suka membagikan kembali semua ilmu yang sudah saya dapatkan, begitu pula dengan Anda, bagikanlah kembali apa yang telah Anda dapatkan.

Good luck for your blog 🙂