Tehnik Dasar Maksimalkan DSLR VIDEOGRAPHY

Dasar DSLR Videography

Basic dalam DSLR Videography Banyak orang menganggap , setelah memiliki camera dapat terus buat video dengan baik . Sebenarnya bukan semudah yang disangka . Memiliki camera saja tidak cukup untuk menghasilkan video yg berkualitas . Ini list yang paling basic untuk merambah DSLR videography :

1) Camera
2) Memory Card
3) Stabilizer

Kamera Digital Dan Lensa

SIWAEXPRESS.COM – Digital yang paling terkenal dan terbaik dalam DSLR videography adalah Canon EOS 5D Mark II . ia sangat berkualitas dan canggih , dan merupakan pilihan pertama bagi mereka yang professional dalam bidang ini . Masalahnya satu saja , mahal ( Sekitar Rp 7.000.000 body only ) . Biaya yang tinggi membuat banyak tidak mampu membelinya . Pilihan kedua adalah Canon EOS 7D ( RM 4500 body shj ) . Dan yang ketiga apakah Canon 60D atau Canon EOS 550D . Bagi saya , yang terbaik bagi mereka yang ingin hemat dan berkualitas tinggi ; Canon EOS 550D . Ini adalah yang terbaik bagi seorang siswa yang masih menuntut . Kualitasnya hampir – hampir sama dengan 7D karena menggunakan sensor yang sama ; APS – C CMOS sensor . Jadi kualitas videonya hampir sama dengan 7D , sehingga dinamai ” baby 7D ” . Nama lain bagi 550D adalah Rebel T2i di North America dan Kiss X – 4 di Jepang . Jadi , 550D , T2i dan Kiss X4 adalah camera yang sama .. cuma nama saja berbeda.

Kamera Digital Dan Lensa

Kelebihan 550D dalam videography adalah , ia bisa manual control ISO , shutter speed , apreture , white balance dan lain – lain ketika video mode . Ini berbeda dengan Canon EOS 500D yang hanya memiliki otomatis kontrol . Pemilihan camera sangat penting , karena merupakan kunci dan dasar yang paling penting untuk pergi jauh . Kenapa ? sebab camera yang terbaik untuk video shooting adalah yang bisa kontrol manual semua function . Banyak yang menganggap otomatis lebih baik karena mudah , tapi kenyataannya berbeda dalam bidang videography . Sejauh mana camera itu dapat menually setting , sejauh itulah ia terbaik . Ingat point ini , camera terbaik dalam video adalah yang paling banyak petunjuk setting . Insya Allah , kalau ada waktu saya akan menjelaskan tentang setting kamera dalam post akan datang.

Dalam pemilihan camera untuk shooting , antara hal perlu dipertimbangkan adalah ; 1 ) Quality video dan audio 2 ) Manually Setting 2 ) Anggaran keuangan Jadi apa yang harus dilakukan sebelum membeli camera adalah , explore habis – habisan tentang camera terbaik untuk video dan pikirkan berdasarkan anggaran . Dan bagi saya , yang terbaik adalah 550D ; camera saya sekarang . Saya minta maaf kepada pengguna camera Nikon , karena sejauh yang saya explore dan tahu .. Canon lebih baik dari Nikon dalam Video . 🙂

Memory Card

SIWAEXPRESS.COM – Banyak orang tidak tahu tentang ini. Memori card sangat penting dalam video shooting. Ada berbagai jenis memori card, dan yang paling umum dan terkenal adalah SDHC card. Dan SDHC card memiliki banyak class; class 2, 4, 6, 10 dan lain-lain. Class ini menunjukkan tingkat kecepatan dan performance memory card itu dapat menyimpan informasi. Untuk Video shooting, ia butuhkan memory card yang setidaknya class 6. Saya menggunakan class 10, dan tidak ada masalah langsung dalam video shooting. Sekiranga Anda hanya menggunakan class 2 atau 4 … Anda tidak akan dapat record video dengan 1280×720, 60fps (HD) dengan baik. Apakah ia akan tersendat atau ia tak mampu untuk record.

Memory Card Kamera

The camera will automatically stop recording. Selain class .. ukuran juga sangat penting. 16 GB memory card adalah terlalu besar untuk photography, tapi untuk videography .. ia adalah paling minimum. 16 GB memungkinkan kita recording selama 30 menit (lebih kurang) saja! Kebanyakan forum yang saya baca, mereka menggunakan 64GB. Semakin besar ukuran dan class .. semakin mahal. Saya sarankan Anda membeli memory card yg low-cost, 16 GB class 10 dengan harga Rp. 500,000,- lebih. Ada yang mahal, sekitar Rp. 750.000,- lebih dan lebih tinggi .. tapi yang low-cost sudah memadai. Ini memori card yg saya beli.

Stabilizer

SIWAEXPRESS.COM – Ini juga pertanyaan yang sangat-sangat basic dalam video shooting. Ini berfungsi untuk menstabilkan camera kita. Camera DSLR adalah tidak stabil jika hanya hand-held, dan ia sangat membutuhkan stabilizer, untuk shoot dengan baik. Saya akan sebutkan beberapa stabilizer yang basic. 1) Tripod 2) Hand-held stabilizer (Glidecam, Flycam etc.) 3) Shoulder Rig Pertamanya tripod.

Stabilizer Kamera Digital

Tripod adalah dasar dalam video shooting, tanpa itu kita tak mampu untuk shooting denga baik. Untuk video, antara yang terbaik adalah fluid-head tripod. Ini mahal, tapi sangat baik untuk gerakan yang smooth dan pro. Bisa juga menggunakan ball-head dan pan-head sebagai alternatif. Normal pan-head adalah tripod biasa yang Anda jumpa. Dan ini cukup untuk membantu kita. Kedua tentang hand-held stabilizer.

Tempat yang world-class adalah Steadicam. Harganya cukup tinggi sejalan dengan kualitasnya. Pilihan kedua adalah Glidecam. Untuk DSLR, saya sarankan Glidecam HD 2000 atau 1000. HD 4000 adalah untuk camera video yang besar. Dan kedua produk ini sangat susah ditemukan di Indonesia karena mungkin permintaannya minimum. Anda dapat menggunakan ebay.com atau amazon.com untuk membelinya secara online. Alternatif stabilizer yang saya rekomendasikan untuk mereka yang inginkan low-cost dna kualitas adalah; Flycam.

Saya telah membeli Flycam nano seperti dalam link, dan kwalitasnya sangat baik. Dan jika Anda ingin tahu, video dalam link tersebut dibuat ketika saya membeli Flycam itu .. karena saya adalah pembeli pertama Flycam Nano, so cina tu nak demonstrate sikit cara penggunaan flycam. Tu saya punya la tu, yg tokey cina tu pegang. 🙂

Mungkin juga boleh gunakan wondlan. Saya dapati produk ini bagus juga, berkualiti tinggi dan low-cost. Tapi saya tak pernah mencuba. Sebelum saya membeli Flycam Nano, wondlan adalah pilihan pertama saya sebelum ini. Ini contoh video menggunakan stabilizer wondlan. Link.
Tanpa stabilizer.. anda takkan mampu menghasilkan video yang baik. Percayalah.
********
Ok, inilah ketiga-tiga perkara paling penting dalam langkah pertama menceburi bidang DSLR Videography.. Dan ingat, jangan kurang satupun daripada 3 perkara ini, kalau tak anda takkan dapat pergi jauh dalam bidang ini.
Berkata tentang Bajet; ini saya tulis bajet saya;
Camera 550D dengan Kit lens dan 50mm : Rp. 8.000.000,-
Memori Card 16 GB, class 10 : RM 200
Tripod : Rp. 500.000,-
Flycam Nano : Rp.1.500.000,-
Beg camera dan lain-lain : Rp. 750.000,-

Jumlah ini tidak tepat , Nominal yang dicantumkan hanya merupakan estimasi.. Harapan kami entry ini bermanfaat untuk anda.

Silahkan Berikan Komentar atau Pertanyaan, !!!