Cerita Motivasi Inspiratif – TKW Pahlawan Penyelamat Nyawa

sarini-tkw-pahlawan

TKW mungkin bukan profesi yang luar biasa. Bagi sebagian orang, TKW mungkin dianggap sebelah mata atau masuk dalam jajaran level bawah. Eittss, jangan pernah berpikiran seperti itu. Siapa pun bisa memberikan kontribusi yang luar biasa. Siapa pun, tak peduli dari latar belakang atau profesi apa pun, bisa menjadi sosok yang luar biasa. Sarini adalah buktinya. Ingat, namanya Sarini, bukan Syahrini apalagi Syahroni.

Mungkin Anda sering membaca berita mengenai duka dan derita yang dialami para TKW di negeri orang. Tapi kisah Sarini sangat luar biasa karena ia telah menjadi pahlawan bagi majikannya sendiri. Ia menjadi penyelamat karena mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk menolong majikannya. Kisahnya ini kemudian meluas dan mengundang perhatian media massa setempat.

TKW Pahlawan Penyelamat Nyawa

Sarini adalah seorang TKW asal Indramayu, Jawa Barat. Sejak Maret 2013, ia bekerja di Taiwan untuk merawat seorang nenek bernama Tsai (Sekarang tidak tahu lagi apakah masih bekerja di sana). Nama lengkap majikan Sarini adalah Huang Zhang Wei. Sebelumnya ia pernah menjalani operasi akibat kanker payudara yang dideritanya. Selain itu, kaki majikannya juga sering sakit sehingga tidak bisa berjalan. Saking sakitnya, ia bahkan berniat untuk mengakhiri hidup. Tapi Sarini dengan sabar memberikan semangat padanya untuk tetap menjalani hidup.

Pada April 2013, tepatnya tanggal 17, Sarini membawa majikannya jalan-jalan di taman dengan mendorong kursi roda. Tapi hari itu majikannya meminta Sarini membawanya jalan-jalan agak jauh dari rumah. Saat tiba di pinggir sungai, sang nenek minta berhenti. Lalu ia berdiri, dan tak disangka malah melompat ke dalam sungai yang arusnya sangat deras.

Sudah pasti sang nenek terseret arus yang deras. Sarini tanpa pikir panjang langsung terjun ke sungai untuk menolong nenek. Tapi celakanya ia sendiri lupa bahwa ia tidak bisa berenang sama sekali. Sarini ikut terseret arus sungai sampai sejauh empat puluh meter dan berhasil menangkap majikannya. Keduanya berjuang dan bergelut dalam air selama sepuluh menit karena dua-duanya tak bisa berenang.

Saat itulah Sarini berteriak minta tolong dalam keadaan panik. Akhirnya warga setempat dan tim penyelamat berhasil menolong mereka berdua. Mereka terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena terlalu banyak minum air sungai, wajar bagi yang tidak bisa berenang. Kejadian ini kemudian meluas dan diliput media serta mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat Taiwan.

Tindakan Sarini membuatnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah Taiwan dan perwakilan kantor dagang Indonesia di Taiwan. Selain mendengarkan langsung penuturan Sarini, para pejabat juga memberikan uang tunai.

Tidak perlu menjadi orang besar dengan jabatan atau popularitas tinggi untuk memberikan kontribusi yang luar biasa. Semua orang bisa melakukannya, seperti yang dilakukan oleh Sarini yang notabene hanyalah seorang TKW biasa.

Mungkin kita berpikir kehebatan apa yang dimiliki seorang TKW. Sarini telah membuktikannya. Orang kecil bukan berarti hanya bisa melakukan dan memberikan kontribusi kecil. Meski Anda orang biasa-biasa, Anda tetap punya kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Pencapaian yang luar biasa tidak diukur dari latar belakang seseorang, melainkan dari tindakan yang dilakukannya.

Meskipun tindakan Anda kecil, Anda tetap bisa melakukannya dengan luar biasa. Sukses terkadang tidak diraih dengan tindakan besar melainkan melalui tindakan kecil yang dilakukan dengan luar biasa. Dan untungnya semua orang mampu melakukan hal tersebut tidak peduli latar belakangnya seperti apa.

Semoga artikel ini menginspirasi dan bagikan pada yang lain. Salam.