Apa yang terjadi jika lulus SD dialami oleh seorang nenek di usianya yang ke-100 ???

nenek-lulus-sd

Banyak yang berpikir bahwa proses belajar dimulai dari TK sampai umur 20-an. Tapi itu tidak benar sama sekali. Belajar tidak mengenal waktu dan umur berapa pun. Seperti yang di alami seorang nenek asal Meksiko bernama Manuela Hernandez Velasques.

Bagi sebagian orang lulus SD bukanlah sebuah kebanggaan dan prestasi. Tapi apa yang terjadi jika lulus SD dialami oleh seorang nenek di usianya yang ke-100? Tentu ini sebuah pencapaian yang sangat fenomenal dan patut diapresiasi. Di saat kebanyakan lansia hidup tenang menjalani masa tua, Manuela Hernandez malah pergi ke sekolah. Meski fisiknya sudah lemah, tapi semangatnya tetap kuat dan tidak luntur di makan usia.

Pada tahun 2013 lalu, ia merayakan ualng tahunnya yang ke-100 sekaligus merayakan kelulusannya dari sekolah SD. Manuela Hernandez lahir pada 1913 silam. Saat masih kecil, sebenarnya ia pernah sekolah. Tapi belajarnya hanya bertahan selama satu tahun.

Nenek Usia 100 Tahun Lulus SD

Ia menuturkan bahwa pamannya, Fernando Campos, yang membantunya sekolah. Tapi setahun kemudian, ketika ia sudah bisa mencuci dan melakukan pekerjaan rumah, keluarganya tidak mengizinkannya bersekolah lagi. Mereka lebih menginginkan Manuela bekerja.

Saat itulah sekolahnya harus berhenti. Kehidupan keluarganya yang saat itu sangat sulit membuatnya terpaksa putus sekolah untuk membantu keluarga. Sejak saat itu ia tidak pernah bersekolah lagi. Meski begitu, ia selalu berharap bahwa suatu hari nanti bisa melanjutkan sekolahnya yang sempat terhenti.

Dan kesempatan itu datang di usia yang mungkin sangat tidak memungkinkan, yaitu usia 99 tahun. Cucunyalah yang mendorongnya untuk kembali melanjutkan sekolahnya. Ia adalah salah satu dari tujuh ribu murid di sekolah khusus lansia. Nenek ini sangat suka belajar dan membaca. Kemampuan matanya untuk membaca sudah sangat lemah. Ia bahkan harus berganti kacamata beberapa kali karena saat membaca matanya sangat lelah. Tapi itu tidak membuatnya putus asa.

Berkat ketekunan dan tekad yang luar biasa, akhirnya Manuela lulus SD di usia 100 tahun. Pejabat pendidikan Meksiko sangat bangga dan salut dengan Manuela. Memang lulus SD tidak ada yang istimewa. Tapi kali ini lulusannya adalah seorang nenek lansia; sebuah kejadian yang sangat langka tapi begitu menginspirasi banyak orang.

Meski sudah lulus SD, ia masih ingin melanjutkan pendidikannya di SMP dan berharap bisa melewatinya. Sebuah tindakan yang patut diteladani mengingat di lingkungan tempat tinggalnya sendiri, lebih dari separuh penduduk tidak lulus SD sama sekali.

Pencapaian yang diraih Manuela adalah sebuah bukti akan hebatnya kekuatan sebuah tekad dan kemauan kuat. Ia lulus SD dalam kondisi yang kelihatannya sangat tidak mungkin. Tapi sekali lagi, kemauan keras mengalahkan keterbatasan yang disebabkan usia tuanya.

Maka dari itu, kita juga harus memiliki pola pikir seperti itu. Banyak orang merasa sudah tua saat ingin melakukan sesuatu. Alasan tua dijadikan sebagai tameng untuk membenarkan apa yang gagal dilakukannya padahal mereka masih mampu. Sekali lagi Manuela menampar kesadaran kita bahwa kemauan selalu bisa mengalahkan keterbatasan karena keterbatasan hanya ada dalam pikiran kita. Kitalah yang menciptakan keterbatasan tersebut yang secara tidak langsung menghambat diri kita sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan.